Selasa, 17 Mei 2011

Benarkah Manusia Menjadi Tawanan Ucapannya Sendiri??

oleh New ElGharybah pada 12 Mei 2011 jam 11:02
"Suatu kaum  tidak akan berjaya apabila di dalamnya terdapat orang-orang yang hanya bisa berkata akan tetapi  tidak berbuat seperti yang dikatakannya."

Allah SWT  yang Maha tahu tentang khianatnya mata dan sesuatu yang tersembunyi di dalam dada. Diantara mereka ada yang hanya berkata dan tidak melaksanakan sesuai apa yang diucapkannya. Ada pula yang mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan perkataannya. Maka Allah menurunkan ayat-ayat yang ditunjukkan kepada mereka yang hanya berkata dan tidak melaksanakan sesuai apa yang diucapkannya;
"Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan? Sungguh besar kemurkaan Allah jika kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan"


Di dalam ayat ini terdapat pelajaran kemasyarakatan yang amat berharga, yaitu Allah memerintahkan kita untuk berfikir sebelum melontarkan sebuah pernyataan. Sesungguhnya orang itu bebas dan merdeka sebelum berucap, namun setelah dia berucap dia akan menjadi tawanan kata-katanya sendiri.

Dalam perkatataan dan perbuatan, manuasia dibagi menjadi 3 kelompok;
  1. Kelompok yang berkata dan berdusta serta berbuat sesuatu yang bertentangan dengan apa yang dikatakannya
  2. Kelompok yang berkata akan tetapi tidak melaksanakan perkataannya
  3. Kelompok yang berkata dan melakukan perbuatan sesuai dengan perkataannya
nah,, dari paparan di atas termasuk kelompok nomor berapakah Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar